DIY Jadi Kandang 7 Team Shopee Liga 1, Pemda: Kami Perkenankan, tetapi…

Posted on

Pemerintah Wilayah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) memberikan lampu hijau penyelenggaraan Shopee Liga 1 di daerahnya. Tetapi, ada kriteria yang perlu dipenuhi.
Stadion Sultan Agung Bantul serta Stadion Maguwoharjo diambil banyak team menjadi kandang di Shopee Liga I. PSS Sleman, Barito Putera, Persiraja Banda Aceh, serta Borneo FC berkandang di Sleman.

Disamping itu, Persija Jakarta, PSM Makassar serta Bali United pilih Bantul untuk home base. Tetapi, izin itu diimbangi ketentuan spesial dari Pemda DIY.

“Konsepnya kami perkenankan tetapi dikerjakan tanpa ada pemirsa ya. Jadi, kami perbolehkan untuk kita adakan di Yogya tetapi jangan ada pemirsa,” kata Sekda DIY, Kandunganmanta Baskara Aji, waktu didapati wartawan di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Rabu (24/9/2020).

Menurut dia, selain Shopee Liga 1 ada banyak event olahraga yang diadakan di Yogyakarta. Dimana diantaranya ialah IBL. Aji menyebutkan bila pelaksana telah mengontak faksinya.

“Ada tiga event, semua kami perkenankan tapi tanpa ada pemirsa kehadiran sesuai dengan jadwal main. Itu juga pernah mengontak saya ingin mengadakan di sini. Silahkan saja diadakan tetapi tim jangan tiba bertepatan sebab tim itu kan tiba banyak,” katanya.

Aturan-aturan itu ialah official serta pemain cuma tiba waktu event berjalan. Sedang pemirsa jangan tiba ke lokasi pertandingan

“Tiba ke Yogya sesuai dengan jadwal akan main, hingga tidak berkerubung di Yogya lantas penontonnya virtual jadi jangan datangkan pemirsa serta kami mengawasi persiapan panitia untuk penyelenggaraan prosedur kesehatan di lokasi,” tuturnya.

“Angkutan kami mengatur, jangan berdesak-desakan, jangan giliran, intinya semuanya yang terjebak harus dilaksanakan swab dengan cara periodik. Kami terjunkan rekan-rekan untuk amankan agar tidak ada keramaian, jika ada keramaian kelak tidak kami perkenankan,” tambah Aji.

Menyinggung ada suporter yang nekat ke stadion tiba untuk memberikan dukungan team kebanggaannya di Shopee Liga 1, Aji akui akan memberi sangsi. Bukan tanpa ada alasan, semuanya untuk menahan ada cluster baru.

“Supporter nekat masuk yang pasti panitia yang terkena sangsi pertama. Jika sampai menyalahi ketetapan yang disetujui ya kami hentikan tiba-tiba, kepentingan ia dengan kontingennya ya panitianya,” tuturnya.

“Sebab kami tidak mau ada cluster sepakbola, cluster basket, kami tidak mau,” lanjut Aji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *