Miguel Oliveira Menang Dramatis di MotoGP Styria

Posted on

Miguel Oliveira Menang Dramatis di MotoGP Styria – MotoGP seri Styria yang diadakan hari ini di Austria, berlangsung seru dan lagi-lagi terjadi kecelakaan yang menyebabkan red flag berkibar. Motor Vinales bermasalah dengan rem yang menyebabkan motor meluncur menabrak air fence dan terbakar. Vinales selamat karena menjatuhkan diri di trek.

Miguel Oliveira Menang Dramatis di MotoGP Styria

Miguel Oliveira Menang Dramatis di MotoGP Styria

Miguel Oliveira menjadi juara seri Styria setelah secara dramatis mengalahkan Jack Miller dan Pol Espargaro di last corner. Balapan hari ini adalah balapan ke 900 kelas premier MotoGP. So ada hadiah special untuk race ini yaitu satu mobil BMW. Karena sponsor balapan ini BMW. Oliveira sukses membawa pulang mobil BMW tersebut. Sementara Valentino Rossi finis ke 9 dan jadi satu-satunya pembalap Yamaha yang finis di 10 besar.

Performa Yamaha emang jelek banget hari ini, Quartararo pun mengalami kesulitan. Marc Marquez masih absen di balapan hari ini karena sedang pemulihan dari cedera. Marquez butuh waktu 2-3 bulan untuk pulih sepenuhnya. Jadi kemungkinan Marquez goodbye sama MotoGP 2020. Balapan berlangsung 28 lap. Joan Mir meluncur memimpin balapan. Lap kedua, Joan Mir berhasil dilewati Jack Miller. Miller memimpin balapan sekarang. Top 3 saat ini adalah Jack Miller, Joan Mir dan Nakagami. The Doctor yang memulai balapan dari posisi 14 harus terseok di posisi 9.

Lap ketiga, Brad Binder catat fastest lap 1:25:041. Lap keempat gantian Nakagami yang catat fastest lap 1:24:839. Zarco meraih posisi 3 di kualifikasi, namun karena penalty yang ia dapat dari insiden di trek ini minggu kemarin, Zarco harus memulai balapan dari pitlane. Lap kelima Zarco catat fastest lap 1:24:685 dan sementara berada di posisi 22.

Mir berhasil lewati Miller dan kembali memimpin balapan

Top 3 rider saat ini adalah Mir, Miller dan Nakagami. Lap keenam Mir catat fastest lap 1:24:018. Rins head to head dengan Pol Espargaro berebut posisi 4. Rins lewati Pol tapi Pol melawan. Posisi saat lap kesembilan adalah Mir, Miller, Nakagami, Pol dan Rins. Mir menambah jarak dengan Miller sementara Nakagami makin mendekati Miller.

Lap kelimabelas, top 3 masih Mir, Miller dan Nakagami. Nakagami yang setia menguntit Miller melihat celah untuk menyalip. Nakagami lewati miller dari sebelah dalam dan Nakagami sukses naik ke posisi dua. Tapi Miller tidak menyerah, Miller melawan dan kembali ke posisi dua. Perseteruan Miller dan Nakagami masih berlanjut di lap keenam belas. Nakagami berhasil lewati Miller buat posisi dua. Masuk ke lap 17, terlihat motor Vinales terbakar di air fence. Jadi setelah trek lurus starting line, motor Vinales bermasalah dengan rem. Nggak bisa belok gitu.

Vinales lepas motornya dan ia meluncur di aspal. Beruntung jarang dengan pembalap di belakangnya jauh, jadi Vinales nggak kesenggol sama motor di belakangnya. Motor Vinales yang tanpa penunggang, ngacir menuju air fence, pembatas trek. Motor lalu terbakar setelah menabrak air fence. Red flag dikibarkan. Vinales dibawa kembali ke paddock. Ia baik-baik saja dan tak cedera. Syukurlah. Ketika menuju paddock, terlihat motor Quartararo berdampingan dengan Rossi dan Quartararo memberi kode seakan-akan bilang “rem kamu nggak apa apa kan.

The Doctor cek tuas remnya dan memberi jempol

Remnya oke Kecelakaan Vinales memang bikin shock. Apalagi di trek yang sama, minggu lalu, terjadi kecelakaan hebat yang melibatkan Zarco dan Morbidelli dan hamper mencelakai Vinales dan Rossi. Balapan dilanjutkan 5 menit setelah trek bekas kecelakaan Vinales dibersihkan dan air fence baru kembali dipasang. Balapan kedua berlangsung 12 lap dengan posisi berdasarkan lap sebelumnya. Lepas start, Mir kembali memimpin balapan, namun miller berhasil lewati Mir dan ambil alih posisi satu.

8 lap tersisa ganti Pol catat fastest lap 1:23:877, ia di posisi 3 sekarang. 7 lap tersisa, Pol lewati Mir buat posisi 2 dan Oliveira juga lewati Mir buat posisi 3. Mir keempat sekarang. Pol kejar Miller dan bersaing buat posisi satu. Usahanya berhasil di 5 lap tersisa. Pol memimpin balapan sekarang. Mir tambah turun setelah dilewati Dovizioso. 4 pembalap teratas saat ini adalah Miller, Pol Espargaro, Miguel Oliveira dan Dovizioso. Posisi 4 pembalap masih sangat rapat dan kesemuanya mencari celah untuk melewati lawan-lawannya. Nggak boleh ada kesalahan saat ini.

Lap terakhir Pol makin menyerang Miller

Now or never, lap terakhir kesempatannya buat menang. Miller dan Pol saling salip. Miller gigih mempertahankan posisi. Menuju tikungan terakhir, Pol lewati Miller. Miller fight back. Miller memimpin balapan tapi Pol kembali lakukan overtake. Masuk di tikungan terakhir, Pol melebar setelah menyalip Miller. Miller liat celah dan berusaha menyalip lagi. Keluar dari tikungan terakhir, Oliveira di posisi 3 melihat celah kosong di kanan Miller. Oliveira gaspol menuju garis finis yang jaraknya tinggal beberapa meter.

Miller dan Pol nggak kuasa mengejar dan kudu puas finis kedua dan ketiga. Balapan adalah soal teliti dan sabar menunggu kesempatan dan Oliveira sukses melakukannya. Lagu kebangsaan Portugas berkumandang di podium Styria. Berikut adalah hasil selengkapnya MotoGP seri Styria dan klasemen sementara MotoGP 2020. Quartararo masih memuncaki klasemen sementara. Namun jika performa motornya nggak membaik, bukan nggak mungkin ia akan tergusur dari pimpinan klasemen sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *