PON Papua Dipending Sampai Oktober 2021, Menpora Beri Keterangan

Posted on

Pemerintah pada akhirnya putuskan untuk tunda penerapan Minggu Olahraga Nasional (PON) XX Papua sampai Oktober 2021. Keputusan itu diambil sesudah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengadakan rapat terbatas kabinet (ratas) di hari ini, Kamis (23/4/2020).

Pada ratas itu, Menteri Pemuda serta Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dan Muhadjir Effendy sebagai Menteri Koordinator Bagian Pembangunan Manusia serta Kebudayaan (Menko PMK) memberi laporan mengenai situasi paling akhir persiapan PON XX. Spesial Menpora, dia memberikan laporan tentang situasi venue, penginapan, penyediaan perlengkapan, dan persiapan tim serta panitia.

“Barusan jam 9.30 WIB, saya telah ikuti rapat kabinet terbatas yang diperintah langsung oleh Presiden dengan jadwal tunggal bahasan mengenai lanjutan penerapan PON XX Papua yang diperkirakan akan dikerjakan pada Oktober 2020,” tutur Menpora melalui video conference.

“Nah dari laporan yang kami berikan, baik oleh Menko PMK serta saya, dan ada banyak menteri yang sampaikan input, karena itu Presiden putuskan penerapan PON XX yang sedianya akan dilaksanakan pada Oktober 2020, dipending jadi Oktober 2021,” tuturnya memberikan tambahan.

 

 

Fakta Pilih Oktober

Menpora lalu mengutarakan fakta pemerintah pilih bulan Oktober tahun kedepan untuk mengadakan moment empat tahunan itu. Hal tersebut karena di tahun depan, dunia olahraga Indonesia akan disibukan oleh beberapa tempat.

“Kita mulai April telah ada pekerjaan, selanjutnya Mei Juni kita ketahui disana ada Piala Dunia. Lantas Juli ada ASEAN School Games. Selanjutnya ada pula olimpiade serta paralimpik yang semula 2020 ini, tapi dipindah jadi Juli serta Agustus 2021. Di celah itu ada juga Islamic Solidarity Games, selanjutnya ada Hari Olahraga Nasional (Haornas), ada World Beach Games meskipun masih tentatif. Selanjutnya ada Popnas serta Peparnas,” katanya.

“Nah waktu yang ada ialah di bulan Oktober, disana kita usungkan untuk penerapan PON XX,

serta pada akhirnya disepakati oleh Presiden, sebab November kita telah ada SEA Games.

Selain itu ada juga ASEAN Youth Game, ada MotoGP Mandalika, setelah SEA Games diiringi Beberapa Games,” tambah Menpora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *