Sejarah Bola Basket Segera Terkenal Di Amerika Serikat

Posted on

Sejarah Bola Basket Segera Terkenal Di Amerika Serikat – Siapa yang tidak tau permainan bola basket, permainan yang menggunakan bola pantul yang disesuaikan dengan permainannya. Tetapi apakah kalian tahu tentang sejarah perminan “basket”

Sejarah Bola Basket Segera Terkenal Di Amerika Serikat

 Sejarah Bola Basket Segera Terkenal Di Amerika Serikat
Photo by Tim Webb

Bila kalian penggemar basket kalian pasti tidak asing dengan permainan ini. Dimana bola digiring dengan cara dipantulkan ke arah gawang lawan. Tahukah kalian? Permainan bola basket diciptakan secara tidak sengaja oleh guru olahraga amerika serikat. Pada tahun 1891 seorang guru olahraga bernama James Naismith disuruh menciptakan sebuah permainan didalam ruangan yang bisa dimainkan oleh murid-murid disaat musim dingin.

Pada saat itu james naismith terinspirasi dari permainan yang sering ia mainkan pada waktu kecil. Tepat pada 15 desember 1891 james naismith menciptakan sebuah olahraga yang sekarang dikenal sebagai permainan bola basket (basketball). Setelah melewati beberapa penolakan terhadap permainan bola basket karena terlalu keras dan kurang cocok dimainkan di gelanggang tertutup.

Akhirnya james naismith menambahkan beberapa peraturan dasar dalam permainan bola basket. Pertandingan resmi bola basket pertama diselenggarakan pada 20 januari 1892 dikantor james naismith.

Nama basket diambil dari sebutan salah satu muridnya. Pada awalnya basket dimainkan oleh 9 orang tiap timnya, dan awalnya basket dimainkan hanya dengan dilempar tanpa di dribble. Lalu beberapa kota-kota di amerika serikat juga mengadakan tournament bola basket.

Seiring berjalannya waktu permainan basket mengalami kemajuan, salah satunya ialah terciptanya slam dunk. Dan sampai saat ini basket menjadi salah satu olahraha yang paling digemari oleh orang-orang sekitar. Dan juga negara-negara lain juga bermain basket, salah satunya negara kita tercinta yaitu Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *